Kompor = Koper … ???

kompor1koper11Mungkin anda akan bertanya, apa maksud judul di atas ya ??
Di sini aku akan sharing sedikit tentang kejadian lucu mengenai Kompor dan Koper ini.

Tahun 2007 lalu, kedua mertuaku (Ompungnya Raynhard) datang dari Dolok Sanggul untuk mengunjungi anak-anak dan cucunya di perantauan ini. Setelah beberapa minggu di sini, mereka akan pulang kembali ke kampung. Kira-kira beberapa hari lagi menjelang kepulangan mereka, maka semua barang-barang dan pakaian akan disusun ke dalam koper. Ketika menyusun semua barang tersebut, ternyata jahitan koper tersebut ada yang lepas, maka harus dijahit dulu.

Ompung doli menanyakan bagaimana cara menjahit koper itu, lalu saya katakan supaya mencoba ke tukang sol sepatu saja, barangkali aja bisa. Seharian menunggu tukang sol sepatu, tapi tidak ada yang lewat. Ketika aku dan Ompung boru pergi ke rumah salah satu keluarga di Pd. Gede, ompung doli tidak ikut. Ketika ompung doli jalan-jalan di sekitar kompleks, tiba-tiba beliau melihat tukang sol sepatu. Lalu terjadilah percakapan di antara ompung Doli dengan Tukang Sol :

Pak, kompor saya rusak, bisakah diperbaiki ??? *logatdoloksanggul*

Apaan yang rusak pak??

Kompor..!

Kompor…?????

Iya… kompor saya ada yang robek.. ! bisa tidak kamu jahit…?

(Kompor robek….,kog bisa ya robek…? Trus jahitnya pake jarum apa ya..?) *tukang sol mikir dalam hati*

Kompor robek… trus mau dijahit pak?? Wah… gak bisa pak..!

Oh, tidak bisa …? Ya sudahlah, saya sari tukang sol yang lain sajalah..!

Ya deh pak…! *pergi dengan kebingungan*

Setelah kami pulang dari Pd. Gede, ompung doli menceritakan kejadian di atas kepada kami, bahwasanya tukang sol tidak bisa menjahit koper. Walaupun aku sedikit kurang yakin. Masak sih tukang sol tidak bisa? Kemudian esoknya, aku melihat tukang sol lewat, lalu kupanggil. Aku ambil kopernya dari rumah, setelah tawar menawar ongkos jahit, maka koper itupun dijahit.

Tiba-tiba ompung doli dan ompung boru keluar dan melihat tukang sol tersebut. Lalu ompung doli bilang begini:

“Ai halak ondo sinantoari i” Boasa sonari gabe boi dijait, hape nantoari dang boi ninna do ! Oh.. orang ini yang kemaren, kog kemaren bilang tidak bisa !

Lalu aku tanya tukang sol, apakah benar apa yang dikatakan ompung doli itu. Lalu tukang sol menjawab: “Iya, tapi kan bapak kemaren bilangnya kompornya robek, ya nggak bisa dijahit dong pak..!”

Trus akupun menerangkan kepada ompung doli bahwa Kompor dengan Koper itu sangat jauh bedanya. Kompor gunanya untuk memasak, kalau koper gunanya untuk tempat pakaian. Beda jauh bukan..? Agar tukang sol tidak penasaran juga, aku terangkan bahwa orang Batak, khususnya di kampung, bilang Koper itu Kompor. Kalau bilang kompor masak ya tetap kompor juga namanya. *bingung kan?*

Maka kamipun tertawa terbahak-bahak……

Iklan

24 Tanggapan so far »

  1. 1

    parjalang said,

    Horas,
    kok panggil ompung doli bukanya “amang” ? tapi benar benar lucu ,
    salam kenal

    Desy: Kan udah kubikin dalam kurung (Ompungnya si Raynhard) … he..he..he. Mauliate sudah mampir.

  2. 2

    estonhasiant said,

    Na segan do ra amang simatua ni ito mangido langsung tu parumaenna, hape ito pe patulushu rohana, anggo di roha ni amang i na ingkon tuhoron ni parumaenna hian do nian koper na baru hape….hahahaha

    Desy: Ai nabaru dope koper i. Ala na overweight do, Ai magodangku diboan oleh2 sian Dolok Sanggul. Diboan do tiung, jagal hoda, dangket-dangket, mi lili, kopi, dna.

  3. 3

    yessymuchtar said,

    waduh…

    komen di atas aku gak ngerti ni..hehehheh

    salam kenal kak 🙂

    makasih udah mampir kerumah ku ..heheheh

    Desy: maka c jg atas kunjungan baliknya

  4. 4

    cumicungkring said,

    ahahahag gak ngerti tapi lucuu hahahag
    oya?salam deh bu:))

    Desy: Lho..lho… piye toh ndok..? Gak ngerti.. tapi kog bilang lucu??? Rika… mr. Mardhen & fam, kemaren nyampe Jkt.

  5. 5

    Kalo di kampung memang bilang koper memang kompor.
    Apa akibat orang kita agak janggal ngomong koper ya?
    Bah, dohot do jagal hoda diboan ate pariban, dang gabe angir nian kompor ehhh koper nai? 🙂

    Desy: Nunga jumolo didendeng antong jagal hoda i.. he..he..he

  6. 6

    estonhasiant said,

    Ito, ngegosip yuk! (ama2 sian dia do on ngegosip?). Nungnga leleng dang ro Lae Hiras T Purba on daba tu jabu-ku, sai hulului, hape……na tu DOSA do hape ibana mangallang jagal hoda! Pasahat ito tabe tu ibana, laos tongoshon ito ma jagal hoda i molo adong dope dendeng taon na salpu i…:-D

    Desy: Bah, ngasala be bah… nga dohot be ama2 manggossip.
    Ai diallang paribanku par Surabaya do hape jagal hoda???

  7. 7

    estonhasiant said,

    BaaAAaa…hasolomanna doi, molo so nangkok ibana tingki ari Jumat maronan tu DOSA, hira na so salpu ma sataon. Ehh…nungnga lengkap be sude pesawat mi ito, nungnga mulak sian Sibohong-bohong, tinggal pilih mau naik yang mana. Jala ‘foto-ku’ pe nungnga BALGA hubaen disi, sipata sai olo ma iba mengkel sandiri (molo so dibereng halak da), songonon ma ra iba muse molo dung matua, ninna roha.

    Desy: hahaha… udah ketauan ya foto masa depannya….
    ganteng do daba ito nang pe naung matua…

  8. 8

    Bah, di naso pamotoan nunga margosip hape pariban parjabu on dohot lae si eston, iba muse do digosiphon, bah nga mauff timba.
    Dang huallang jagal hoda pariban, pabege-bege ma i lae si eston i, alai molo saksang B2 sadia godangna boi suda. (hape sapiring pe nunga bosur,hee…he…he)

    Ninna lae si Eston dang hea be ahu tu jabu-na, hape sip-sip do iba songon HANSIP maningkir jabuna, atik beha dang aman.
    Alai ala uli jala aman do sude huida, bah dang pola nitinggalhon jejak.

    Asing ate, gabe hita do nuaeng manggosip, nunga mauff be muse timba, dohot ama-ama manggosip. He…he…he.
    Salam buat keluarga dan Tuhan memberkati. Amin.

    Desy: Au hian pe na ujui pariban, dang olo au mangallang jagal hoda, alai sahali hucoba ma, hape gabe ketagihan… dijamin..tok..cer ..hahaha…

  9. 9

    Wkwkwkwk…! Horas opung..Wkwkwk!
    Marsogot hu tuhor ma di opung TRAPEL BEK asa unang loja mangurus Kompor i.. Wkwkwkwk

    Desy: Nah… itulah salah satu ciri2 cucu yang pantas ditiru. Dung dituhor ho tas ni ompung, tuhor muse ma antong sipatu ni nanguda ate, nomor na 40…da, sotung lupa… hahaha….

  10. 10

    reallylife said,

    memangnya mau kemana ni?

    Desy: Mau ke Dolok Sanggul mas… tau gak ? Dolog Sanggul itu boso jowone Hairbun Hill.. hahhaah *ngasal* Makasih atas kunjungannya

  11. 11

    Bah… akka PARDOSA hape di son…?! paette jo asa martangiang jolo au da…. he..he..he….

    Desy: Asa bohama haroa? Asa unang pola dijait koper i…? hehehe

  12. 12

    exploe said,

    serius…lucu…..bahasa batak-nya benar-benar tulen…

    horas…….

    salam

    Desy: serius…. yang punya blog juga benar-benar batak tulen… hehehe.
    Terima kasih sudah mampir

  13. 13

    tanobatak said,

    Saya sendiri bilang koper ito kompor….. he…he…. kebetulan aja belum ketemu masalah komunikasi.
    Eston margosip ibarat main bola dengan tendangan pisang aja itu. Daging kuda masuk koper…… haha… haha… didendeng pula itu…. Pasti Ompung itu berpikir….. untuk parumaenhu naburju i ….. yang jagoan makan jagal hoda…. kalau si Eston… kurasa jarang itu makan daging kuda …. paling rusa ….. ngarang ….. santabi. he… he…

    Kalau ito tidak pulang taon baru, kirim aja kue sakompor…… eh…. salah lagi …. harusnya satu koper …. 😀

    Sama anak Medan kita dengan Bung Said reallylife nanti tak diijinkan kita nempel di BLOGGERSUMUT kalau dia dibingungkan. Bung Said, kalau ada acara blogger sumut undang mereka ini makan pidong (burung) di Perbaungan atau poccal (pecal) di lembur kuring.

    Kalau si Mekkel eh Michael itu bung Said anak Medan juga dia tapi jarang pulang. Dia bilang “martangiang” (berdoa) untuk keselamatan kita semua. Doanya langsung sorga karena sering berkunjung kesana 😀

    Desy: Ha..ha..ha, nggak hanya ito aja, kalau ditanyapun semua org Batak yang di Medan khususnya yg tinggal di kampung kayaknya 99,9% bilang koper itu kompor.
    Ai boi do haroa allangon daging ursa (rusa), on dope huboto i bah, kirim jo ito Eston, alai jolo dendeng da?
    Molo tendangan pisang berarti songon tendangan ni si Beckham dohot si Pirlo do ra ate???
    Halo Bung Said ( reallylife), mohon dipersori ya, ternyata anak Medan juga ya?
    Bah pid*ng muse, unang sai pandok i ito, adong annon dongan namuruk… wkakakakkkk….

  14. 14

    sihomb said,

    ah…, ternyata pembohong juga kau des…
    sejak kapan simatuamu tau bilang “robek”?
    paling juga beliau bilang “koyaaaaaak”

    http://rapmengkel.com
    (kata dokter: “jangan merokok lagiiii…)

    Desy: Ha..ha..ha, betul itu amangboru, koyaknya maksudku. Nunga boha disi, nunga sehat be amangboru? Berarti dang jadi boanonku appel dohot jeruk ate?

  15. 15

    nanguda, udah ku link blog hijau ini:-)

    Horarrrrrrrrrrr

    Desy: Mauliate ma anak hasian. Btw, nunga dicatat ho be pesananki??
    Ingot da… no 40 ! hahaha……

  16. 16

    estonhasiant said,

    Nungnga gabe sahat baritaku panggosip tu Laguboti 😀
    Molo angka ‘pramugari’ ito, memang sai godang do mamesan jagal ursa on, kebetulan adong lapo-na jonok tu Bandara i di Pekanbaru, alai sipata gabe ‘sangsi’ do iba mangallang ito hampir sarupa do tu lomok-lomok nasian hita an, ai toho do jagal ursa on? ninna roha ma sipata, molo didendeng dang adong, somalna di sate dohot di sup do, alai tu dia ma annon tongoson ate? koppppor nungnga kooyyyyaak.

    Desy: Ha..ha..ha, pramugari na matua….. dang adong annon na olo penumpang naek “hapal habong” i ito. Sungkun ito jo amangbao G. Meha, atik naung jadi do diajuhon proposal tu Bupati Humbahas asa dibangun bandara di Dolok Sanggul

  17. 17

    cumicungkring said,

    iya bu, saya tau. tapi gak sempet ketemu.ktanya udah balik ke sono lagi

    Desy: Saya jg blm sempat ketemu, katanya mereka sebulan ini di Indo

  18. 18

    Nainggolan said,

    Ah…dasar si Oppung…ada-ada saja.
    Horas..ito
    Salam kenal.

    Desy: Hehehe, namanya jg oppung2 ….Terima kasih atas kunjungannya ito….

  19. 19

    estonhasiant said,

    Pengumuman : Ala laris do komppor naung maribak on, laos so dibaen ito Desy be postingan na baru. Mauliate…hahahaha.

    Desy: Atik boha tahe annon ro halak ito Eston marnatal tu jabu ninna roha…. sibuk ma iba mambaen kambang layang, kacang tojen, mamasang gaba2 di jabu, gabe sundatma mambahen postingan na baru…..hehehe….

  20. 20

    bonar said,

    hahahaha…
    nambah lagi deh perbendaharaan kata-kata saya…
    satu kata tapi punya arti ganda, tergantung sikon…hehehhe…

    btw salam kenal ‘to…
    senang bisa mampir disini…
    sekalian permit tukeran link yah…

    horas,

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

    Desy: Sebenarnya masih banyak ito, aku masih cari2 dulu… Terima kasih atas kunjungannya, salam kenal juga. horas

  21. 21

    cutemom16 said,

    oh masa sih koper = kompor yah?????…kadang2 memang bhs batak ni lucu juga/bahasa medan lah..dulu saya kalo pulkam ke medan biarpun 100 x ngomong motor pun tetap mereka anggap itu mobil…akhirnya saya kalo pulang kemedan ikut2 merubah mobil jadi motor, merubah motor jadi kereta…kalo enggak gitu, yah ga nyambung2..

    Desy: Ya betul itu cutemom. Selain kereta biasanya motor juga dibilang Honda walaupun merk motornya Yamaha, Suzuki dll. Masih adalagi nich, kalo mau bilang ke ‘Pasar’ bilangnya mau ke ‘Pajak’ ya kan..? Thanks atas kunjungannya

  22. 22

    Eliezer Sihombing said,

    Lucu juga, tapi kenapa ya kog mertua yg jadi topik pembicaraan?

    Desy: Yang jadi topik pembicaraan itu “Kompor dan Koper” bukan mertua

  23. 23

    Bagak hian said,

    ha..ha…ha…,sai mate mekkel au manjasa akka postingan muna on bah..,apalagi ito Dessy ,sai mate iba mekkel. Gabe mago sude arsak nadi roha..

    Desy: Mauliatema molo boi dope ito mekkel ate… Alana di masa ni krisis global on arga do dohot engkel, alai molo mampir tu blog on, sudena gratiss..tiss..tiss..

  24. 24

    H. MALAU said,

    salam kenal akkang!
    dang kompor ra alai ‘koPPor’ do ra!!?

    Desy: I do ra ate…. Alai pada saat i nunga attar marpiga minggu ompung ni si rainhard on di Jkt. Jadi agak hallang marbahasa batak…. wakakkkkkk…. Salam kenal ma tutu anggia…!


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: