Tulang gabe Tunangan Langsung

Tulang yang akan kuceritakan di sini bukan tulang belulang, apalagi tulang punggung. Yang aku maksud adalah Tulang dalam kehidupan orang batak.
Tulang adalah kakak/adik dari pihak ibu kita. Dalam bahasa Indonesia disebut Paman atau istilah kerennya “Om”.
Posisi tulang dalam adat batak sangat penting peranannya. Jika melaksanakan suatu acara adat kurang lengkap rasanya tanpa kehadiran tulang. Sehingga di kalangan orang batak, banyak cerita tentang tulang ini, diantaranya:

1. Tulang datang baru makan jagal (daging)
Hampir semua merasakan, khususnya yang tinggal di bona pasogit merasakan jika tulang berkunjung ke rumah kita barulah makan jagal (makan daging) biasanya ayam peliharaan kita yang jadi korban. Saat makan tiba, kita pura-pura duduk di dekat tulang walau ibu kita sedikit melotot. Ada juga ibu yang menyuruh anaknya agar makan belakangan, karena si ibu takut kalau jagal manuknya ( daging ayam) tidak cukup.

2. Tulang Rorobot dan Bona Tulang
Tulang Rorobot adalah tulang ibu kita
Bona Tulang adalah Tulang ayah kita
Dalam acara adat khususnya pernikahan posisi ini adalah yang terakhir menyampaikan ulos kepada pihak pengantin. Jika posisi kita sebagai tulang Rorobot atau Bona tulang, bersiap-siaplah pulang lebih lama.

3. Tulang ni na mate (Tulang orang yang meninggal)
Ini biasa terjadi di perantauan. Jika seseorang meninggal tapi tidak mempunyai tulang kandung yang dekat, maka dicarilah yang semarga dengan tulang walaupun masih beda ompung. Jika yang semarga juga tidak ada, dicarilah marga yang masih serumpun (yang masih termasuk dengan marga tulang) walau sebelumnya tidak saling mengenal

Nah, dari beberapa sebutan tulang di atas, masih ada satu lagi yaitu Tulang (Tunangan Langsung) Seperti yang pernah kutuliskan pada about blog ini, ibuku adalah boru Lubis dan suamiku adalah marga Pasaribu. Lubis dan Pasaribu masih satu keturunan yaitu pomparan si Raja Borbor, sehingga aku harus panggil tulang kepada marga Pasaribu bukan…?

Saya dikenalkan oleh seorang teman dengan seorang pria marga Pasaribu. Awalnya kami hanya berteman biasa. Lama-lama jadi TTM alias Teman Tapi Mesra. Akhirnya Si Dia *dalamtandakutip* mengungkapkan perasaan cintanya, atau bahasa bataknya “Fall in Love” alias “Madabu Holong” Awalnya aku agak berat untuk meng”iya”kan, karena si Dia sudah kuanggap Tulang dalam arti yang sesungguhnya. Karena si Dia sangat agressif dengan segala jurus mautnya tidak mempermasalahkan bahwa sebenarnya aku ini adalah berenya. Lama-lama hatiku luluh dan akhirnya menerima cintanya. Sejak itu panggilan “Tulang” berubah menjadi “abang” dan “Bere” berubah menjadi “adek” *caileee*
Kurang lebih dua tahun pacaran, kamipun menikah maka lahirlah anakku Raynhard dan boruku Caroline. Lagi-lagi panggilan “abang” berubah menjadi “papa” dan “adek” berubah menjadi ““mama”
Ternyata oh ternyata… Tulang sama dengan Tunangan Langsung yaaaa….?
******

Untuk papa tersayang…….
Pada hari yang berbahagia ini, mama ucapkan “Met VALENTINE” ya pa….!

Mama tak pintar mengukir kata-kata ‘tuk ungkapkan “RASA SAYANG” ini
Hanya untaian lagu sebagai pengikat “RASA CINTA”
Maafkan mama yang selama ini sering berbuat salah…. “anju ma au hasian….” Semoga biduk rumah tangga yang telah kita bina “ABADI” tuk selama-lamanya….

Valentine

If there were no words, no way to speak, I would still hear you
If there were no tears, no way to feel inside, I’d still feel you

And even if the sun refused to shine
Even if romance ran out of rhyme
You would still have my heart until the end of time
You’re all I need, my love, my valentine

ALl of my life I have been waiting for all you give to me
You’ve opened my eyes and shown me how to love unselfishly

I’ve dreamed of this a thousand times before
In my dreams I couldn’t love you more
I will give you my heart until the end of time
You’re all I need, my love, my valentine

And even if the sun refused to shine
Even if romance ran out of rhyme
You would still have my heart until the end of time
‘Cause all I need is you, my valentine
You’re all I need, my love, my valentine

(Udahan ahhh…. Malu aku jadinya….!) *kabuurrrrrr…*

Iklan

19 Tanggapan so far »

  1. 1

    Biarlah melalui moment seperti ini ito dan Lae semakin sehati, semakin Mesra dan semogaberkat-berkat Tuhan semakin tercurah atas keluarga ito. Tuhan Yesus memberkati kita semua….:)

    Desy: Amiiiiinnnnn……

  2. 2

    Hiras T.H Purba said,

    Memang boru sonakmalela rata-rata orangnya romantis, sayangnya suaminya biasanya jarang yang romantis. Betul gak pariban?

    Desy: Ngaku ni yeee……. 😀 Toho do nidokmi pariban, husukkun ma ibana “Tudia hita marpalentin paaa…?” nikku. Aha ma didok?? Boloboloni palentin…palentinmi…. nga matua iba….. ninna… 😀 Boha pariban…? Diajak do ho mar “palentin?” 😀

  3. 3

    G. Meha said,

    Met palentin bao dan lae.
    Salam buat tulang naposo dan maen.

    Desy: Selamat palentin juga buat keluarga amangbao…. GBU

  4. 4

    bollo bollo nih …… molo antar valentin…. Hasian …. sayangku ……
    holan tarlambat mulak sian arisan …. langsung dibollang ….. he.. he.. he …….

    NB(Naporlu Botoon) : no Valentine for PANGLATU….. kesian deh gue… Mauffs…..

    Desy: Asa hupaboa tu ho …. huajak ma ibana mar “midnight” na malam minggu i, alai aha ma didok? Tagonan ma manonton bola au di jabu ninna ibana, bah ngerinai ate… 😀 Ai sobinoto tahe manang na boru aha si Valentin on… ingkon gabe sude jolma marayahon ulang tahunnna…. 😀

  5. 5

    heheheheh, tardapot,…? ai tulang do hape,… ala ni gantengni tulang i ma horoa ate pariban? gabe tunangan langsung? sayang tu halak tarhera songoni ma ra ate, wakakakak,… ah na margait do ahu dah sotung muruk hamu, alai molo didok nadeba antar romantic do nian boru sonakmalela, alai apala di tingki hari valentin on sai hupaima-ima panonggoton sian na di jabu namian songon nasoro do poang sokelat songon na somal

    Desy: Idihhhh….Tardapoottt…! 😀 Ada juga sih pikirin seperti itu “daripada tu halak” 😀 Dang ingkon holan sian inanta antong ucapan palentin… suami juga yang mulai gpp, sekali2 nyenangin istri gitu lohhhh…

  6. 6

    Pasaribu said,

    Biasana jarang do boru sonakmalela na romantis. asing do boru sonak na sasada on ate. Molo boru sonak na dijabu nami an, pintor maretong do molo niajak tu acara na sisongoni. Boro2 nonton mid night manang valentinan niajak. sotung disonggak iba annon. Tumagonan ma hepeng mi hupangu-pungu tu singkola ni anakku, pintor ninna do. Hape molo piningkir-pingkir porlu do tong refresing ate. Jadi kebalikanna do hita ate.

    Desy: Hami pe jarang do pariban refreshing.. kecuali molo ibana mangajak. Alai pas tingki palentin i, hutawari do nian asa au mantraktir, alai tong dang olo alani porlu ni namanonton bola i, hape…hape talu ma antong jagoanna tingki main derbi Inter vs AC Milan…. 2-1. Lemas ma ibana… taontonnn nikku…. 😀

  7. 7

    Mr Bin said,

    Enggg romantis hian do hape ito dahhh… Ianggo hami dijabu memang dang di pedulihon si Valentine on… biar pe senggayap ibana di jabu….tak mau tau do..

    Naso silaosi padan holan Nainggolan tu Siregar do da… anggo masalah tulang do ninna nunga di ropuk be saonari klo memang saantik rugilah sama orang…

    Desy: Berarti dang singgah si Valentine tu bagas muna ateh…:D Huahahhahaah….. songon nahudok i… “daripada tu halakkkk…?”

  8. 8

    Charles Panggabean said,

    Hahaha
    Ceritakan dong bagaimna pariban pasaribu itu dulu mengungkapkan kata cintanya biar seruuu
    Daripada tuhalak tutu.. heheheeeeeeeeeeeeee…….
    Ketawa aku bacanya pariban

    Desy: Ada dehhhh…. dang acci sipaboa-boa…. 😀 Syukurlah kalo masih bisa kau kubikin ketawa…. 😀

  9. 9

    bah,,,,, dang adong kategori Tulang na hu pete :

    TULANG PENYEDIA PARIBAN YANG CANTIK-CANTIK

    Desy: Anggo tu ho antong pas ma i… sotung dibuat ho annon boru ni amangborum na cantik2 i… Songon abangmu… 😀

  10. 10

    Eston Hasian said,

    Mantap ito, boasa tingki pacaran boi luluh hatinya ate? Berarti di hari valentine juga ito hrs bisa temukan yg dpt meluluhkan hatinya agar bisa diajak ‘mid-night’. Saya yakin pasti bisa Lae itu romantis karena belum ketemu aja mungkin celahnya. (Klo ceritanya betul ito ya? saya menganggap ini hanya cerita-cerita ‘daon lalap’ 😀

    Berarti ito termasuk kelompok TTM do ate TULANG TAPI MESRA…hahaha

    Desy: Hahaha…. tamba sada kamus… Tulang Tapi Mesra…. Ai anggo tingki passaran tiop gonting abang, abang tidak pargeok ninna do. Hape dung saut unang tiop gontinghi geok huhilala… ninna ma muse… bahhh mattee auuu…??

  11. 11

    Maulina br sirait said,

    Ka’ Des…pintar juga ya paradaton, baru dope huboto tulang rorobot & dht bona tulang. Memang sonari on godang do binereng seharusnya “Tulangnya” gabe ” tunangan – langsung ” jd molo pajumpang di sada ulaon songon kakak gabe bingung manjou ate… Molo au Ka’ pajumpang tu marga Siregar/Nainggolan g’ tau kenapa langsung dekat aja gitu perasaan n enak aja manggil ” tulang “.

    Desy: Dang na pola malo au dek, tingki manurat2on, abangmu do husukkun aha do bona tulang. Bah…songon na asing sungkun2mu, tumben ninna, ah dang ningku. Hape dung dibereng ibana postingan on… bah patut do songon na disukkun2 ho au… na adong do hape maksud2 terselubung, ninna. :D. Makanya jgn dekat2 dengan tulangmu si Mekkel ya…. ntar kayak aku lagii… 😀

  12. 12

    Maulina br sirait said,

    Ups….ha…ha…ya ga’ mungkinlah ka’ …saya kan sudah punya anak ( dua ) lagi pula dari dulu mama itu selalu pesan ” jangan sampe mantunya marga Siregar ” itu tidak boleh …alasannya semua marga Siregar itu tulang .

    Desy: Bah… kk pikir masih lajang, rupanya sudah punya buntut ya dek… hhehee. Dulu jg kami diajarkan org tua seperti itu, soalnya ompungku ada dua, boru Pasaribu dan br Lubis. Setelah Omp br Pasaribu meninggal ompung doli menikah lagi dgn boru Lubis, untungnya bapak tubu ni boru Lubis. Habis… yg namanya jodoh mau diapain…?

  13. 13

    Eliezer.S said,

    Lucu juga ya,daripada tu halak. memangnya dulu ngak punya cadangan?
    Kemesraan ini janganlah cepat berlalu
    Smoga semakin hari semakin sayang suami, klo blh jgn hanya saat valentine day.
    Have a nice day, GBU

    Desy: Hihihi… memangnya pemain sepakbola pake cadangan segala…?
    (Semoga…. Doain ya…… aminnnn….!)

  14. 14

    Bah… Ito.. gabe tu sude do dipanjukjukkon ho au… dohot tu bere i gabe asing hatam Ito… Bah… ngeri nai nasib ni PANGLATU on ate..?! he.. he.. he…
    Boru Pardedelah cari sama aku bah… he.. he.. he… biar marpariban kita kan..?!

    Desy: Na hurimpu do jomblo adekku si Maulina ido umbahenna hupasingot ibana… unang pajonokhu tu tulangna… sotung songon iba ninna roha. Dang loasaon boru Pardede tu ho… kebetulan nunga habis stok… 😀

  15. 15

    alisyah said,

    semoga tetap langgeng 😀

    Desy: Amiiinnn…. makasih ya ito..

  16. 16

    cathrine said,

    duh.. iri deh liat kakak ini..bisa bersatu dengan tulangnya..
    kalau baca tulisan kakak.. hampir sama dengan aku..
    mama ku boru siahaan (lumban gorat), calon suamiku marga siahaan (hinalang)..
    tapi kami mendapat tentangan keras dari orang tuaku..
    kami berdua sudah sampai dianiaya secara fisik..
    dipukulan dengan tongkat,, mataku dilempar benda tumpul (sampai tidak bisa melihat cahaya)
    dan calon suamiku sudah pernah dipukul helm, dan yang terakhir ini dipukul pakai kayu..kemarin badannya agak demam…
    stresss beratss!! =(

    Desy: Wah.. sampe segitunya dek! Ngeri kali. Kk do’a in mudah2 an kalian direstui. Yg penting.. pintar2 aja ambil hati keluarga.

  17. 17

    cathrine said,

    iya thanks ya kaa..

    Desy: Ok..ok.. sabar ya..!. Btw… kamu boru apa sih..?

  18. 18

    Wah selamat berbahagia ya.. salam dari pernikahan adat Indonesia.

  19. 19

    aku juga lg bermasalah sm status tulang dan bere ini… aku belum berani bilang ke ortu ttg mslah ini.. dan tidak tahu bagaimana cr mendapatkan izinnya… apakah benar tulang bere bisa menikah?? secara dlm adat ada posisi tertentu yg membuat sulit dlm hal tulang bere.. mohon komentarnya.. horass


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: